Minggu, 11 Oktober 2009

PERANCANGAN STRUKTUR BAJA

Dewasa ini penggunaan baja sudah mulai banyak digunakan dalam pelaksanaan konstruksi bangunan. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam perancangan bangunan gedung menggunakan bahan baja. Baja struktur merupakan jenis baja yang berdasarkan pertimbangan ekonomi, kekuatan dan sifatnya cocok untuk pemikul beban.

Perancangan sturktur baja sangat dipengaruhi oleh fungsi, keindahan dan juga pertimbangan ekonomi. Untuk memperoleh struktur yang memenuhi persyaratan fungsi, indah dan ekonomis, perlu dilakukan perancangan pendahuluan yang disertai perkiraan anggaran untuk beberapa alternatif pelaksanaan penyelesaian struktur. Hal ini juga dipengaruhi oleh ketersediaan bahan dan tenaga.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam perencanaan struktur baja adalah:
1. Lay out struktur
2. Persyaratan struktur
3. Langkah perancangan
4. Analisis Bahan

Yang penting juga diperhatikan adalah bahwa baja sebagai bahan struktur juga mempunyai kelemahan dan kekurangan yaitu struktur baja memerlukan pemeliharaan secara tetap dan membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit. Kekuatan baja juga sangat dipengaruhi oleh temperatur, pada temperatur tinggi kekuatan baja akan sangat berkurang sehingga pada saat terjadi kebakaran, bangunan dapat runtuh sekalipun tegangan yang terjadi masih rendah. Kelemahan lainnya adalah karena kekuatan baja sangat tinggi, sering digunakan batang-batang struktur baja yang langsing sehingga bahaya tekuk (buckling) mudah terjadi.


DOWNLOAD FILE DI SINI!


Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player