Minggu, 12 Juni 2011

INTRUSI AIR LAUT TERHADAP AIR TANAH

Tingginya tingkat intrusi air laut yang terjadi di sebagian besar wilayah pantai akan mengkhawatirkan kepada kita semua karena dapat mengancam kualitas air tanah yang ada di sekitar pantai yang memiliki intrusi air laut yang tinggi. Salah satu akibat intrusi air laut adalah air sumur masyarakat yang ada di sekitar pantai akan menjadi asin.
Abrasi pantai yang disertai dengan pengikisan-pengikisan tanah bagian atas dan bagian bawah akan mengurangi lapisan-lapisan di dalam tanah yang berfungsi sebagai filter alami penghasil air bersih yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber air minum atau pun untuk keperluan lainnya. Tingginya tingkat intrusi air laut akan membuat air laut yang masuk tanpa penyaringan oleh filter alami seperti masuk begitu saja.
Kenapa ini perlu diwaspadai? Intrusi air laut yang tinggi bukan hanya akan mencampuri dan membuat sumber air bersih masyarakat menjadi berkurang, tetapi juga bisa menghancurkan dan mengurangi keanekaragaman hayati di wilayah pantai. Secara tidak langsung, cepat atau lambat akan menjadi krisis air bersih dan daratan yang ada akan bercampur dengan lautan. Jika abrasi yang tinggi tidak dapat dikendalikan maka wilayah pantai akan terancam habis.
Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah abrasi yang terjadi di sepanjang pantai diantaranya dengan menanam pohon bakau serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga pantai untuk kepentingan kita bersama.




Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player