Selasa, 13 Mei 2008

BETON MUTU TINGGI

Beton adalah campuran antara semen portland atau semen yang lain, agregat halus, agregat kasar dan air, dengan atau tanpa bahan tambahan membentuk masa padat. Beton adalah suatu bahan yang mempunyai kekuatan yang tinggi terhadap tekan, tetapi sebaliknya mempunyai kekuatan relative sangat rendah terhadap tarik.
Beton tidak selamanya bekerja secara efektif didalam penampang-penampang struktur beton bertulang, hanya bagian tertekan saja yang efektif bekerja, sedangkan bagian beton yang retak dibagian yang tertarik tidak bekerja efektif dan hanya merupakan beban mati yang tidak bermanfaat.

Hal inilah yang menyebabkan tidak dapatnya diciptakan srtuktur-struktur beton bertulang dengan bentang yang panjang secara ekonomis, karena terlalu banyak beban mati yang tidak efektif. Disampimg itu, retak-retak disekitar baja tulangan bisa berbahaya bagi struktur karena merupakan tempat meresapnya air dan udara luar kedalam baja tulangan sehingga terjadi karatan. Putusnya baja tulangan akibat karatan fatal akibatnya bagi struktur.

Kemajuan dalam rekayasa teknik sipil saat ini telah menjangkau pada era teknologi beton mutu tinggi (high strength concrete). Dengan adanya beton mutu tinggi memungkinkan untuk mendesain suatu elemen struktur dengan dimensi yang lebih kecil pada elemen gedung bertingkat sehingga secara ekonomis akan menguntungkan karena berat struktur lebih ringan. Beton ringan struktur adalah beton yang mengandung agregat ringan yang mempunyai berat isi tidak lebih dari 1900 kg/m3.

Setelah penemuan bahan semen dalam tahun 1824, beton bertulang mulai dikembangkan dalam tahun 1892, beton prategang mulai dikembangkan dalam tahun 1945, dan sekarang teknologi beton sebagai batu buatan dari semen berkembang sampai beton mutu tinggi.

Kerusakan dini dari struktur beton terutama disebabkan oleh kapur semen yang bebas. Masalah ini dapat ditanggulangi dengan penggunaan pozolan pada setiap pekerjaan pembetonan. Dengan demikian biaya pembangunan tidak bertambah tetapi produk beton akan lebih kuat dan awet.

Beton mutu tinggi memanfaatkan abu terbang yang berasal dari limbah tanur batu bara sebagai pozolan dalam pembetonan. Kinerja beton segar yang mudah dikerjakan dan kinerja beton mengeras yang lebih kuat dan padat, adalah hasil kerjasama pozolan yang mengikat kapur semen menjadi batu semen dalam mengisi pori-pori beton.

Penerapan beton mutu tinggi dalam pabrikasi beton prategang pracetak menghemat 20% berat beton. Keuntungan tersebut diperoleh dari peningkatan kekuatan beton terhadap kekuatan mutu standar, yang menghasilkan perpanjangan bentang pada ukuran standar. Beton mutu tinggi sebaiknya dilaksanakan di pabrik dan bukan di lapangan mengingat pengendalian mutu di pabrik akan lebih terjamin.

Beton mutu tinggi merupakan beton dengan tipe minimal K-300 karena mempunyai sifat penyusutan dan rangkak yang rendah, mempunyai modulus elastisitas dan modulus tekan yang tinggi serta dapat menerima tegangan yang lebih besar. Sifat-sifat ini sangat penting untuk menghindarkan kehilangan tegangan yang cukup besar akibat sifat-sifat beton tersebut.


TERIMA KASIH.

Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player