Rabu, 11 Februari 2009

BEIJING CAPITAL INTERNATIONAL AIRPORT (BCIA)

Beijing Capital International Airport merupakan bandar udara internasional utama yang ada di kota Beijing, Republik Rakyat Cina. Bandar udara ini berada pada utara kota Beijing dengan jarak sekitar 20 km. Pada awalnya bandara ini hanya mempunyai dua terminal utama. Namun, ketika perayaan pesta olahraga dunia berlangsung, pemerintah cina menambah sebuah terminal terbesar di dunia senilai $2,7 miliar. Untuk menyelesaikan pembangunan seluruh terminal ini pemerintah cina dibantu oleh EIB (European Investment Bank) sebanyak US$ 625 juta. Panjang terminal ini sekitar 3,25 kilometer. Luas lantai yang ada adalah 98 hektar atau setara dengan 170 lapangan sepakbola.
Terminal baru yang dibuat menyerupai naga itu, dirancang arsitek asal Inggris Norman Foster yang juga merancang bandara Chep Lap Kok di Hongkong dan diselesaikan dalam waktu kurang dari 4 tahun oleh sekitar 50.000 pekerja.
Terminal baru itu terhubung dengan sebuah kereta api. Terminal ini akan meningkatkan kapasitas bandara sehingga dapat menampung hingga 76 juta pengunjung, dibanding sebelumnya yang hanya dapat menampung 52 juta pengunjung.
Pada tahun 2004, bandara Beijing merupakan bandara tersibuk di Cina dan juga di Asia menggantikan bandara Tokyo International Airport (Haneda) dalam melayani jalur penerbangan. Untuk jumlah penumpang, bandara ini merupakan tersibuk kedua di Asia setelah Tokyo International Airport (Haneda) dan tersibuk kesembilan di dunia tahun 2006. Bandara tersebut telah melayani 1,3 trilyun ton kargo pada tahun 2006. Pada tahun 2007, bandara ini melayani 53.736.923 penumpang dan melayani 399.986 penerbangan pesawat. Bandara ini menjadi bandara tersibuk ke-23 di dunia dalam penerbangan pesawat dan tersibuk ke-20 dalam pelayanan kargo. Dalam sehari, bandara ini melakukan penerbangan sebanyak 1100 pesawat dan untuk tahun 2008 penerbangan dalam sehari berkisar antara 1500 hingga 1600 penerbangan.

Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player