Rabu, 03 Juni 2009

ROOF GARDEN

Tidak dipungkiri bahwa pemanasan global telah berdampak negatif terhadap semua aspek kehidupan. Kini tinggal usaha kita untuk mengurangi efek yang mulai terasa sangat mengganggu tersebut. Pemanfaatan lahan untuk penanaman pohon dan taman adalah salah satu hal yang bias kita lakukan. Hingga saat ini masalah yang dihadapi adalah kurangnya keseimbangan lingkungan antara bangunan dengan penghijauan yang terdapat di perkotaan, khususnya di kota-kota besar. Tidak cukupnya informasi edukasi mengenai pola lingkungan hidup yang sehat dan baik, sehingga musibah banjir pun menjadi musiman dan terciptanya iklim panas yang mengkhawatirkan bagi masyarakat perkotaan.

Gedung, area parkir dan Jalan yang padat akan banyak diisi oleh udara panas yang dihasilkan dari penguapan benda keras, seperti beton, kaca, kendaraan dan efek polusi lainnya memerlukan tanaman untuk mengimbangi kondisi lingkungan tersebut, dengan melalui konsep perencanaan yang tanpa mengurangi nilai fungsi, estetika, dan ramah lingkungan itu sendiri. Untuk gedung-gedung dengan areal atap yang masih kosong dapat dimanfaatkan untuk program roof garden.

Roof Garden adalah Penghijauan yang memiliki ruang secara vertikal di sekeliling badan bangunan dan horizontal bila terdapat ruang terbuka diatas gedung tersebut. Roof Garden merupakan area publik dalam bentuk Taman yang memiliki fungsi sebagai penutup/penghalang dari sinar matahari terhadap Bangunan secara langsung. Dengan adanya konsep perencanaan yang bijak, yang akan mengatur segala bentuk optimalisasi ruang hijau (Roof Garden) yang ada di sekitar Gedung Perkantoran, dan juga akan memberikan konsep edukasi bagi penghuni gedung dengan beberapa papan informasi sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian Pemerintah terhadap lingkungan.

Manfaat Roof Garden
1. Area penghijauan (Roof Garden) tersebut juga akan menjadi sarana pendukung bagi lingkungan dan penghuni disekitarnya.
2. Menciptakan suatu keseimbangan antara hunian dan lingkungannya.
Contoh : masyarakat yang berjalan dan duduk santai di sepanjang Gedung Perkantoran dapat menghirup udara segar dan memanjakan mata dengan view yang indah dari penghijauan tersebut.
3. Menciptakan suatu area perkotaan yang ramah lingkungan, modern, higienis yang menawarkan area publik yang sehat, unik, namun dilengkapi juga dengan area edukasi yang mewakili konsep modernisasi
4. Mengurangi efek pemanasan global, belum lagi ditambah dari polusi udara yang dihasilkan dari asap kendaraan dan buangan gas dari dalam gedung itu sendiri.

Bangunan di sepanjang jalur kemacetan lalu lintas dan yang memiliki area ruang luar yang sempit tetap dapat dihijaukan dengan konsep yang manusiawi dan ramah lingkungan. Sempitnya area terbuka hijau di Perkotaan dan padatnya lalulintas perkotaan maka salah satu solusi terbaiknya adalah Roof Garden. Dimana semua area Gedung Perkantoran menggunakannya, sehingga dapat menciptakan lingkungan sehat, nyaman, dan ramah lingkungan bagi masyarakat disekitarnya.


DOWNLOAD DOKUMEN


Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player