Minggu, 01 Maret 2009

POTENSIAL INVESTASI DI ROKAN HULU, RIAU

Kabupaten Rokan Hulu dengan ibukota Pasir Pengarayan merupakan salah satu kota tua di Propinsi Riau dengan luas wilayah 7749 km2 dan dengan batas wilayah:
- Timur berbatas dengan Kabupaten Kampar
- Barat berbatas dengan Propinsi Sumatera Utara
- Utara berbatas dengan Kabupaten Rokan Hilir
- Selatan berbatas dengan Propinsi Sumatera Barat
Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu kabupaten di Prop. Riau yang mempunyai kekayaan SDA berupa minyak serta bahan galian tambang lainnya seperti batu bara, sirtu, batu gamping, pasir kuarsa dan lempung. Batu bara terbentuk dari sisa tumbuhan mati dengan komposisi utama selulose dengan proses yang sangat kompleks dan memerlukan waktu yang lama, puluhan bahkan sampai ratusan juta tahun dibawah pengaruh fisik, kimia ataupun keadaan geologi akan mengubah selulose menjadi lignit subitumine dan bitumine serta antrasit. Adanya endapan batu bara di kabupaten rokan hulu terindikasi di daerah Teratak, Tibawan, Kecamatan Rokan IV Koto. Daerah Teratak sebanyak 2 singkapan. untuk mencapai daerah teratak dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki.
Adanya endapan batu bara di kabupaten rokan hulu yang terindikasi di Kecamatan Rokan IV Koto yang telah di temukan sebanyak 9 singkapan, diantaranya daerah teratak 2 singkapan dan daerah Tibawan sebanyak 7 singkapan. Endapan batu bara pada daerah Tibawan mempunyai ketebalan 0,2 m hingga 2 m, bahkan pada bagian bawah ketebalan antara 4 m hingga 7 m. Tempat lain yang bisa ditemukan batubara yaitu di Kecamatan Tandun sebanyak 3 singkapan dan batubara yang telah ditemukan sangat potensial untuk di eksplorasi.
Sirtu berupa endapan sedimen berukuran pasir. Berangkai bongkah dan bersifat lepas yang merupakan hasil kegiatan gunung api yang tak teruraikan atau pelapukan dari batu konglomerat yang berada di dataran rendah sekitar gunung api baik yang proses erupsinya yang terjadi pada zaman tersier maupun pada zaman kuarter.
Batuan ini biasanya diendapkan sepanjang sungai yang berhulu lereng atas atau puncak gunung berapi yang bersangkutan. Semakin jauh dari sumbernya akan semakin beragam komposisi mineral dan ukuran butirnya lebih halus dengan butiran semakin membulat atau rounded dan juga dapat terbentuk dari berbagai batuan terutama batuan beku baik itu yang bersifat lepas dapat diperoleh dari endapan aluvium.
Penyebaran sirtu terdapat di sungai Rokan desa Rokan, Sungai Semau dan sekitarnya. Dari hasil pemetaan dan test speed di daerah di peroleh penyebaran bahan galian ini luasnya 150 Ha. Ketebalan rata-rata 15 m sehingga cadangannya 2.000.250 m3 dengan ketebalan tanah 0-1 m.Ketebalan di Sungai Semao 1,5 m, luas sebaran 207,5 Ha. Sehingga diperoleh cadangan 3.112.500 m3 dengan ketebalan tanah penutup 0-1,5 m. Untuk penambangan di Kecamatan Ujung Batu telah dilakukan dengan alat berat berupa quarry dan beberapa di antaranya terdapat di Kecamatan Rokan.Berdasarkan klasifikasi kekuatan batuan atau ISRM, sirtu di daerah telitian termasuk dalam range R3-R4 atau Medium Strong Rock. Daerah Kabupaten Rokan Hulu terdapat banyak sekali sungai sehingga pasir sungai merupakan salah satu sumber pertambangan yang tidak kalah dengan sumber daya lain untuk di eksplorasi. Pasir sungai di daerah ini sangat bagus untuk campuran semen. Eksploitasi yang dilakukan masyarakat masih banyak membutuhkan investor untuk mengeksplorasinya.
Sumber Daya Alam berupa minyak bumi juga ada di wilayah Rokan Hulu. Untuk minyak bumi ini di antaranya telah dilakukan eksplorasi. Seluruh bahan galian tersebut mempunyai prospek yang bagus untuk dijadikan sebagai dasar pengembangan investasi. Tumbuh dan berkembangnya investasi di Kabupaten Rokan Hulu khususnya di sektor pertambangan dan energi akan dapat dijadikan sebagai modal dasar untuk menggerakkan roda pembangunan Rokan Hulu.

Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player