Rabu, 25 Maret 2009

STOP PEMANASAN GLOBAL

Hingga saat ini banyak orang di dunia ini menceritakan tentang Pemanasan Global (Global Warming). Pemanasan global merupakan salah satu permasalahan lingkungan terbesar yang mengancam kehidupan planet kita. Keadaan yang mengancam ini bukan dari kejadian alami, bukan ancaman dari planet lain atau benda langit lain, tetapi ancaman itu semua berasal dari kita! Ancaman yang menyelimuti bumi ini berasal dari residu bahan bakar yang kita gunakan di rumah, kendaraan kita, industri dan bisnis-bisnis kita yang keseluruhannya itu membuat bumi makin panas dari yang dapat kita perkirakan.

Keadaan dimana suhu yang sangat tinggi yang sering sekali terjadi di sekitar tempat tinggal kita. Dalam beberapa tahun terakhir, akibat perkembangan zaman dan semakin banyaknya negara berkembang dengan teknologinya ternyata hanya menambah permasalahan ini. Perubahan cuaca yang dulu masih dapat diprediksi oleh orang awam yang terbiasa dengan lingkungan dan alam yang belum terganggu, tapi saat ini untuk memprediksi cuaca satu jam yang akan datang pun sangat susah. Alam tidak lagi bersahabat dengan kita. Suhu di bumi tercinta kita telah menembus rekor tertinggi pada tahun-tahun terakhir ini. Bumi kita semakin panas. Keadaan terpanas ini menurut beberapa ahli meteorolgi adalah yang terpanas semenjak puluhan ribu tahun yang lalu. Dahsyat!
Tentunya kita akan bertanya-tanya, seberapa panas sebenarnya keadaan alam di bumi ini? Kenaikan suhu yang mungkin terjadi tiap abad secara alamiah adalah 1hingga 2 derajat. Tetapi dengan keadaan manusia yang semakin memperparah panas suhu di bumi, kenaikan tersebut tidak akan terkontrol dan akan menembus angka kenaikan suhu hingga 9 derajat tiap satu abad dan keadaan ini tidak bisa kembali menjadi normal seperti keadaan awal.
Apa yang dapat kita lakukan untuk bumi ini? Kita harus mempertahankan bumi agar tetap hidup, bukan hanya diri kita sendiri, orang lain, masa depan bagi penerus kita. Mungkin masih belum terlambat untuk berbuat sekecil apapun untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan. Sebelum hidup kita berakhir, cobalah untuk berbuat baik kepada lingkungan. Keseimbangan alam tetap akan tercapai dengan sendirinya, tetapi apakah anak dan cucu kita di masa yang akan datang tetap dapat menikmati segarnya udara yang kita hirup atau bening dan sterilnya air yang pernah kita minum? Belum tentu! Berhemat menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak bumi. Berhenti membuang limbah ke sungai. Berhenti menggunakan CFC untuk pendingin dan gas berbahaya lainnya.
Banyak energi alternatif yang bisa kita gunakan. Selama ini kita selalu menggunakan energi dari minyak bumi, gas alam, batu bara dan lainnya yang berasal dari perut bumi. Penggunaan rumah kaca merupakan penyebab terbesar pemanasan global. Negara penghasil panas penyebab pemanasan global? Tentu saja negara super power, Amerika! Mereka memaksa untuk meminimalisir efek rumah kaca, selamatkan bumi dan slogan lainnya, tetapi mereka lah sumber terbesarnya. Maling teriak maling.


Mulailah dari diri kita untuk mencintai lingkungan planet ini

Karena kita adalah bagian dari alam

Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player