Selasa, 07 April 2009

DOKUMEN KEPPRES NO.80 TAHUN 2003

Ada banyak penjelasan tentang berbagai pelelangan yang ada di Indoensia. Salah satunya dijelaskan dalam Kepres no 80 tahun 2003. Dari sekian banyak yang ada, memang kita harus mengacu pada peraturan yang dikeluarkan oleh presiden ini. Yang paling menonjol dari Kepres no.80 tahun 2003 ini adalah pada setiap pelelangan, badan usaha yang memberikan penawaran terendah akan ditetapkan sebagai pemenang tender. Walaupun terkadang masih bersifat fleksibel. Ini adalah beberapa jenis pelelangan yang pernah dikenal di Indonesia, sebagian masih ada dipakai.

1.Pelelangan umum
Pelelangan jenis ini diumumkan secara terbuka melalui media cetak atau media elektronik dimana setiap rekanan boleh melakukan penawaran asal memenuhi syarat dan merasa mampu melaksanakan pekerjaan.

2.Pelelangan Terbatas
Pelelangan jenis ini dilakukan secara terbatas dengan mengundang beberapa rekanan yang dianggap mampu dan terseleksi. Rekanan yang diundang diseleksi lewat tahap prakualifikasi berdasarkan kemampuan teknis, administrasi dan bonafide dari rekanan tersebut.

3.Penunjukan Langsung
Penunjukan Langsung adalah penunjukkan rekanan sebagai pelaksana pemborongan atau pembelian tanpa melalui pelelangan umum atau pelelangan terbatas dan dilakukan diantara sekurang-kurangnya tiga penawar dan rekanan yang tercatat dalam Daftar Rekanan Mampu (DRM).

4.Pengadaan Langsung
Pengadaan Langsung adalah pelaksanaan pemborongan atau pembelian yang dilakukan dari rekanan dari golongan ekonomi lemah tanpa melalui pelelangan umum atau pelelangan terbatas, bahkan penunjukkan langsung.

Untuk dapat mendalami dan mengetahui apa yang tersimpan dalam KEPPRES NO.80 tahun 2003, silahkan anda mendownload File Keppres no 80 tahun 2003 beserta penjelasannya di bawah ini:
1. KEPPRES NO. 80 TAHUN 2003
2. PENJELASAN KEPPRES NO.80 TAHUN 2003
3. Lampiran Keppres Bab I
4. Lampiran Keppres Bab II
5. Lampiran Keppres Bab III
6. Lampiran Keppres Bab IV
7. Lampiran Keppres Bab V

Mudah-mudahan Bermanfaat



Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player