Selasa, 21 April 2009

GAMBUT SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF

Indonesia adalah negeri yang kaya akan gambut. Permasalahan lahan gambut yang sering timbul akibat mudahnya terbakar di negeri ini sebenarnya juga memberikan pemikiran baru yaitu pemanfaatan lahan gambut yang tersebar di Sumatera atau pun Kalimantan digunakan sebagai sumber energi baru pengganti batu bara.

Energi adalah hal yang paling penting dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir 85% penggunaan energi berasal dari sumber bahan bakar fosil. Penggunaan bahan bakar fosil atau minyak fossil otomatis akan terus mengurangi cadangan minyak yang ada di perut bumi.

Indonesia sebagai salah satu negara penghasil bahan bakar fosil, apabila terus menerus menggunakan bahan bakar fosil dan mengeksplorasi tanpa memikirkan cadangan sumber energi, suatu saat nanti justru akan kehabisan bahan bakar yang berasal dari minyak fosil ataupun batu bara ini.
Gambut yang ada pada dasarnya bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi baru. Pertimbangan yang bisa menjadikan gambut sebagai sumber energi baru adalah:
  • Energi kalor lepas dari gambut yang ada di Sumatera adalah berkisar antara 10 MJ/kg hingga 20 MJ/kg
  • Penggunaan 1m3 gambut sebagai bahan bakar menghasilkan sekitar 600 MJ (Mega Joule) setara dengan penggunaan 17 kg batu bara dan harga beli gambut lebih murah dibandingkan batu bara.
Walaupun demikian, tidak selamanya juga gambut akan bertahan sebagai sumber energi. Banyak hambatan yang akan ditemui pada pemanfaatan lahan gambut ini. Hambatan-hambatan tersebut diantaranya:
  • Curah hujan yang tinggi, karena apabila curah hujan tinggi, proses penggalian akan sulit dan pengeringan akan memamkan waktu lama karena gambut adalah lapisan yang mudah menyerap air.
  • Kandungan pirit yang ada pada beberapa lahan gambut menyebabkan sulitnya mendeteksi lahan gambut yang bagus untuk dijadikan sumber energi alternatif.
  • Pengambilan lahan gambut besar-besaran akan mempengaruhi tinggi muka air tanah, karena apabila muka air tanah di lahan gambut berubah, maka akan sangat mempengaruhi lingkungan sekitarnya.

MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT


Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player