Sabtu, 08 Mei 2010

STRUKTUR JEMBATAN

Definisi

Jembatan merupakan sebuah struktur yang memungkinkan sebuah rute transportasi melintasi sungai, danau, parit, jurang bahkan lautan.

Bagian-Bagian Jembatan
Pada umumnya jembatan dibagi menjadi 6 pokok bagian jembatan, yaitu:
Keterangan gambar:
1. Bangunan Atas
Merupakan bangunan yang berfungsi sebagai penampung beban-beban yang ditimbulkan oleh lalu lintas kendaraan maupun orang dan kemudian menyalurkannya kepada bangunan bawah.
2. Landasan
Merupakan ujung bawah dari bangunan atas yang berfungsi menyalurkan gaya-gaya yang berasal dari bangunan atas menuju bangunan bawah. Biasanya 2 jenis yaitu landasan sendi dan landasan roll.
3. Bangunan Bawah
Merupakan bangunan yang berfungsi menerima dan memikul beban yang diberikan oleh bangunan atas dan kemudian menyalurkannya ke pondasi yang langsung berada di tanah.
4. Pondasi
Merupakan bagian pada jembatan yang berfungsi menerima beban-beban dari bangunan bawah dan menyalurkannya ke tanah
5. Oprit
Merupakan timbunan tanah di belakang abutmen. Abutmen merupakan tiang yang berada di ujung jembatan, jika berada di tengah dan diapit oleh 2 abutment maka disebut pilar. Timbunan ini harus dibuat sepadat mungkin untuk menghindari terjadinya penurunan (settlement).
6. Bangunan Pengaman Jembatan
Merupakan bangunan yang berfungsi sebagai pengaman terhadap pengaruh sungai yang bersangkutan baik secara langsung maupun secara tidak langsung.


DOWNLOAD DOKUMEN


Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player