Jumat, 01 Mei 2009

ARUS TELUK DAN PEMANASAN GLOBAL

Arus teluk adalah arus laut yang membentuk “sungai” raksasa di permukaan Samudra Atlantik. Arus tersebut membawa aliran air hangat yang mengalir ke arah utara sepanjang pantai Timur Amerika Serikat menuju kawasan kutub di Greenland. Di bawah arus hangat tersebut tedapat arus serupa dengan arah sebaliknya membawa air dingin menuju khatulistiwa.

Arus ini adalah sebuah mesin iklim utama yang menghangatkan kawasan Inggris dan sebagian besar Eropa.Tanpa Arus Teluk, iklim di Eropa akan sama dengan iklim di Siberia. Namun para ilmuwan akhir-akhir ini menyatakan bahwa kecepatan arus ini mulai melambat secara serius, yang potensial membawa bahaya besar yang berasal dari pemanasan gloal yang kita rasakan pada saat ini.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa Arus Teluk saaat ini mengalir dengan kecepatan kurang dari seperdelapan kecepatannya 5 tahun yang lalu. Selain itu, aliran-aliran air laut superdingin, yang membentuk kolom-kolom raksasa yang normalnya mengalir langsung ke dasar laut sekitar Greenland, saat ini sudah tidak ada lagi.

Salah satu penjelasan lainnya menyebutkan bahwa fenomena ini adalah dampak dari pemanasan global. Penipisan kutub es di wilayah Arktik telah mengakibatkan energi untuk mesin iklim itu telah melemah.

Terlepas dari apa yang menjadi penyebabnya, para ilmuwan telah memperingatkan , apabila fenomena ini terus berlanjut, suhu udara rata-rata di sepanjang Kepulauan Inggris dan Eropa Utara akan turun secara drastis. Hal itu akan menyebabkan perubahan pada musim tanam dan akan mepengaruhi jutaan manusia di bumi kita tecinta ini.

Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player