Jumat, 15 Mei 2009

TARI PERSEMBAHAN

Tari Persembahan (Welcome Dance), dalam masyarakat Melayu Riau merupakan tarian yang bisa dikatakan wajib pada setiap acara yang melibatkan kehadiran petinggi atau orang yang dihormati dalam masyarakat. Ada hal yang sakral dalam tarian ini. Hal ini bisa dilihat dengan pengajuan tepak kepada orang yang dihormati dan meminta untuk mencoba sirih yang telah diberikan. Ini merupakan tradisi yang turun menurun dalam rakyat melayu, terutama rakyat Riau.

Setiap daerah di provinsi Riau pasti memiliki sebuah tarian melayu. Untuk menyamakan persepsi tentang Tari Persembahan ini, lembaga adat melayu telah mengundang beberapa tokoh seni dan budaya beberapa tahun yang lalu.

Seiring dengan perkembangan teknologi, musik pengiring yang dahulunya dimainkan secara langsung, berangsur-angsur berganti dengan kaset tape dan hingga saat ini berganti dengan musik digital. Walaupun tetap sama, tetapi alangkah lebih baiknya jika dalam menarikan tarian ini menggunakan live musik. Akan lebih terasa kekentalan tradisi dan budaya jika diiringi dengan alat-alat musik seperti kompang, gondang, marwas, biola, akordion dan lainnya.

Jika ingin mendapatkan musik pengiring Tari Persembahan dalam bentuk musik digital (.mp3) dapat didonwnload di sini.






1 komentar:

Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player