Senin, 26 Januari 2009

HIDROMETRI SUNGAI

Sungai merupakan bagian terendah di permukaan bumi dalam bentuk alur memanjang dari hulu menuju hilir. Sungai juga merupakan sistem alur alam yang dapat terdiri dari satu atau lebih alur-alur yang bertemu atau memanjang. Bentuk ataupun sifat tiap sungai berbeda-beda sehingga perilaku sungai hanya dapat dipahami dengan baik apabila disertai dengan pengamatan-pengamatan dan pengukuran-pengukuran yang dicatat untuk dipakai sebagai data empirik. Bagian dari hidrologi yang membahas tentang pengukuran air dan pengumpulan data untuk analisis hidrologi disebut hidrometri.

Beberapa Pengukuran Sungai yang Dilakukan Diantaranya:
A. Pengukuran Geodetik
Pengukuran geodetik sungai terdiri dari pemetaan sungai, pengukuran tampang melintang sungai dan pengukuran tampan memanjang. Sesuai dengan keperluannya, pengukuran tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Spesifikasi tersebut antara lain dalam hal interval pengukuran, syarat pengikatan ataupun juga skala penggambaran yang disyaratkan.
B. Pengukuran Elevasi muka Air
Pengukuran elevasi muka air diperlukan untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan pengaliran pada suatu waktu. Alat yang dipergunakan juga bermacam-macam, yaitu:
a) Staff gauges (Papan Duga)
Merupakan alat ukur elevasi muka air yang didirikan secara vertikal di tepi sebuah sungai. Penempatan dari papan duga ini harus stabil dan diikat pada sebuah titik referensi misalnya BM (bench mark) terdekat atau bangunan tetap lainnya yang telah diketahui elevasinya.
- Apabila range elevasi muka air sungai cukup besar, maka suatu seri papan duga dapat dipasang agar elevasi hingga elevasi tertinggi dapat dibaca (“Sectional staff Gauges”).
- Untuk ketelitian pembacaan maka diletakkan papan pada kemiringan lereng tersebut untuk mengetahui sudut kemiringan dan garis skala dapat disesuaikan.
b) Suspended Weight Gauges
Merupakan bagian dari pengukuran elevasi muka air yang posisi pengukurannya dapat dipindah-pindah karena alat ini sangat portable. Alat ini hanya perlu diikat pada sebuah bangunan tetap sepeti jembatan yang telah diketahui elevasinya.
c) Permanent Auto Gauges
Lebih dikenal dengan AWLR (Automatic Water Level Recorder). Terdiri dari:
1. Rumah pencatat
2. Pencatat automatik
3. Sumur kecil
4. Pengapung
5. Pipa penghubung
6. Benchmark
7. Tangga Pemeriksaan
8. Saringan pelindung penyumbatan.

Komentar Facebook Anda

My Latest Post

I WANT THIS!!!

I WANT THIS!!!
Help Me to be JAZZY

I'm Yours JASON MRAZ

Winamp Player